RSS

cara merakit pc for graphic design

01 Sep

cara merakit pc for graphic design

Syarat Utama
Dalam dunia desain…yang paling di-butuhkan adalah saat load gambar…apapun jenisnya. Yang pasti…semuanya berasal dari sebuah titik. Untuk menampilkan dot-dot dengan efisien (cepat, tepat tanpa cacat, presisi, dan WYSIWYG) dan stabil saat editing….maka harus disiapkan :
1.Perpaduan m-board dan chip-processor yang sesuai.
Apabila ada ketidaksesuaian keduanya, bisa mengakibatkan bottle-neck….sering hang…
2.Gunakan memory…. sesuai keinginan m-board….. dengan chip-ram yang bersedia bersanding dengan chip-pro terpasang….
Kecepatan chip-ram…misal 800MHz….tidak akan tercapai jika bit-bit instruksi dari mboard-chippro sukar diterjemahkan dan disimpan sementara di ruang chipram….sebelum akhirnya di-output dalam bentuk data file atau output ke layar melalui chip-graphic….
Dalam dunia desain….diperlukan kapasitas memo yang cukup besar….sedangkan kecepatan disesuaikan dengan chippro terpasang…misal..m-board chip intel 800MHz…chip-pro intel dualcore800Mhz….maka pilih chip-ram yang sama dan disarankan bikinan/lisensi USA….
Sekali lagi….chip-ram yang sesuai adalah chip yang cetak-birunya sama atau sepadan….sama-sama Amrik…maka bit-bit yang diproses akan lancar berinteraksi di dalam sebuah PC….
3.Kartu grafis terpasang juga harus dipilih secara bijaksana…..
Misal…m-board intel…chip-pro intel…chip-ram made in/lisensi Amrik….maka gunakan pula kartu grafis dengan chip-graphic yang seirama pula…. Jangan tergiur dengan merk ataupun…terpesona dengan PC punya temen Anda….
Cara termudah testing kemampuan chip-graphic adalah dengan menggunakan Corel….ketikkan satu huruf…misal huruf “A”…kemudian kopi ke kanan sebanyak selebar halaman…..trus di-grup…trus kopi ke bawah sepuluh baris….trus di-grup…nah kopi grup ini ke bawah sebanyak mungkin…..maka Anda akan lihat hasilnya…!!!!!
Jika PC hang seketika….wah….tandanya ada 1)bottle-neck….2)chip-graphic tidak sesuai…..
Syarat Tambahan
Sesudah ada kesesuaian pada ke-tiga poin pada syarat utama….Anda masih punya persyaratan lagi…..
1.Kecepatan harddisk saat baca tulis harus sesuai…
Jika m-board top brand…chip-pro hebat…chip-ram wes-ewes…chip-graphic sangat cling….tapi kecepatan HDD bolot….apa jadinya ???
2.Pilih monitor kaya warna….
Tampilan output ke monitor akan membantu kita meng-ulas kembali desain yang sedang digarap….proporsional tampilan-nya…!!!!
3.Super power…..
Pilih PSA yang tidak boros….hitung dengan tepat daya yang diperlukan tiap-tiap hardware terpasang….maka PC Anda tidak akan ngos-ngosan….atau ketiduran karena gak ada kerjaan..
4.Alat input sangat ideal….
Saat Anda masukkan data lewat kibot dan mos haruslah tidak merepotkan…tombol macet…pointer gak presisi…adalah tindakan ‘mereka’ yang menyebalkan….kehilangan waktu sedetik sekedar untuk klik….kali sekian ribu klik saat men-desain…berarti boros waktu….
Syarat Terakhir
Siapkan dana yang cukup untuk merakit PC khusus desain…yang penting sesuai kebutuhan….safe….fast….reliable…..(aman-terukur….cepat…..stabil)….apa gunanya cepat jika gak stabil !!! Tancap gas….tiba-tiba hang….??!!!!!!!
Marilah kita biasakan bijaksini sebelum merakit… dan kemudian barulah bijaksana….

Spesifikasi PC buat Designer Graphic

1.Monitor

Monitor adalah media tampilan gambar haril output dari VGA Cards. Dahulu monitor komputer dimulai dengan monitor tabung hitam-putih, monitor warna CGA, VGA, dan SVGA.

Gambar1.LCD Monitor

Kini monitor yang sedang populer adalh monitor LCD. LCD mempunyai beberapa kelebihan, antara lain : tipis, hemat biaya dan tingkat radiasi yang rendah.

2. Printer

Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas. Printer ada yang menggunakan sistem dot matrik, tinta dan laserjet.

Gambar2.Printer

Dahulu printer hanya untuk mencetak dokumen, kini printer sudah bisa untuk mencetak foto.

Merk printer yang terkenal adalah HP, Canon, Epson, dll.

Filed under Komputer Tagged with fungsi floppy, fungsi harddisk, fungsi motherboard, fungsi printer, fungsi ram, fungsi soundcard, fungsi VGA, hardware

Artikel

Top Artikel

ttttt…..Sebenarnya telanjangpun jg boleh kok..asal jangan kelihatan,ntar di sebar loh/nyetrum..🙂

hmmm..apapun sebuah tekhnologi itu di kembalikan kepada manusianya. saya pernah bereksperiment apakah sebuah kompi yang jadul mampu membuat animasi standard.ternyata bisa kok(walau main di low poly).Trus,perrnahkah anda melihat seorang/teman memakai hape yang terbilang sangat mahal,tapi dia malah tidak tau fungsi dari hape tersebut.yang tau-nya cuma untuk telpon/sms/foto doang.padahal hp trsbut bisa buat macam2 buat akses dll.Saya pernah melihat itu,sering malah.seperti saya melihat seorang teman saya yang title nya design tapi ga tau gimana cara memaksimalkan kinerja kompinya..wkwkw..jangan marah boz klo baca ini,cuma kita aja kok yang tau

3.POWER SUPPLY{PENCATU DAYA}

Gambar3.power supply

Pencatu Daya (Inggris: power supply) adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

[sunting] Pencatu daya listrik

Secara garis besar, pencatu daya listrik dibagi menjadi dua macam, yaitu pencatu daya tak distabilkan dan pencatu daya distabilkan. Pencatu daya tak distabilkan dan Pencatu daya distabilkan.Pencatu daya tak distabilkan merupakan jenis pencatu daya yang paling sederhana. Pada pencatu daya jenis ini, tegangan maaupun arus keluaran dari pencatu daya tidak distabilkan, sehingga berubah-ubah sesuai keadaan tegangan masukan dan beban pada keluaran. Pencatu daya jenis ini biasanya digunakan pada peranti elektronika sederhana yang tidak sensitif akan perubahan tegangan. Pencatu jenis ini juga banyak digunakan pada penguat daya tinggi untuk mengkompensasi lonjakan tegangan keluaran pada penguat. Pencatu daya distabilkan, pencatu jenis ini menggunakan suatu mekanisme loloh balik untuk menstabilkan tegangan keluarannya, bebas dari variasi tegangan masukan, beban keluaran, maupun dengung. Ada dua jenis kalang yang digunakan untuk menstabilkan tegangan keluaran, antara lain:

  • Pencatu daya linier, merupakan jenis pencatu daya yang umum digunakan. Cara kerja dari pencatu daya ini adalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain yang lebih kecil dengan bantuan Transformator. Tegangan ini kemudian disearahkan dengan menggunakan rangkaian penyearah tegangan, dan di bagian akhir ditambahkan kondensator sebagai penghalus tegangan sehingga tegangan DC yang dihasilkan oleh pencatu daya jenis ini tidak terlalu bergelombang. Selain menggunakan dioda sebagai penyearah, rangkaian lain dari jenis ini dapat menggunakan regulator tegangan linier sehingga tegangan yang dihasilkan lebih baik daripada rangkaian yang menggunakan dioda. Pencatu daya jenis ini biasanya dapat menghasilkan tegangan DC yang bervariasi antara 0 – 60 Volt dengan arus antara 0 – 10 Ampere.
  • Pencatu daya Sakelar, pencatu daya jenis ini menggunakan metode yang berbeda dengan pencatu daya linier. Pada jenis ini, tegangan AC yang masuk ke dalam rangkaian langsung disearahkan oleh rangkaian penyearah tanpa menggunakan bantuan transformer. Cara menyearahkan tegangan tersebut adalah dengan menggunakan frekuensi tinggi antara 10KHz hingga 1MHz, dimana frekuensi ini jauh lebih tinggi daripada frekuensi AC yang sekitar 50Hz.

Pada pencatu daya sakelar biasanya diberikan rangkaian umpan balik agar tegangan dan arus yang keluar dari rangkaian ini bisa menjadi baik .

4.MOTHERBOARD

Gambar4.motherboard

Ø  Definisi Motherboard

Mother Board merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device
dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard tak
kalah penting dengan prosesor. Jika dimisalkan pada manusia, mainboard adalah
rangkaian pembuluh darah dan jaringan urat syaraf pada computer. Mainboard yang
kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena
itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja computer.

Ø Cara kerja Motherboard

. Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam
mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh
peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara
fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang
diperlukan pada jalannya proses di dalam computer

5.RAM (Random Access Memory)

RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 512MB PC667 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 667 MHz.

Gambar5.RAM

Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.

Contoh beberapa merk RAM adalah V-gen , Kingston, Visipro, Ramos, dll.

Generasi RAM dari waktu ke waktu :

  • Static RAM (SRAM)
  • Non Nolatile RAM (NV-RAM)
  • Dynamic RAM (DRAM)
  • Syncronous DRAM (SDRAM)
  • DDR RAM (Dual data rate RAM)
  • DDR II RAM (DDR generasi kedua)
  • DDR III RAM (DDR generasi ketiga)

6. VGA CARD (Kartu Grafis)

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. VGA Card berfungsi mengeluarkan output grafis (gambar) untuk ditampilkan pada monitor. Ukuran VGA Card ditentukan dari ukuran RAM nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus gambar yang dihasilkan.

Gambar6.VGA card

Perkembangan VGA Card dari waktu ke waktu :

  • VGA Card PCI (Peripheral Component Interconect)
  • VGA Card AGP (Accelerator Graphics Processor)
  • VGA Card PCI-E (PCI Express)

Merk VGA yang terkenal adalah ATI,  NVIDIA, S3, SIS, dan Trident.

7.SOUND CARD

Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas.

Gambar7.Sound Card

Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (Hi Fi = High Fidelity)

Contoh merk soundcard yang terkenal adalah Creative, Ess, Realtek,  Cmedia, dll.

8.Keyboard

Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi semua model huruf, angka, karakter dan tanda baca yang menjadi sarana bagi pengguna komputer dalam memasukkan data ke komputer.

Gambar8.Keyboard

Tombol tombol pada keyboard mengikuti model tombol pada mesin ketik manual. Tombol keyboard yang paling terkenal adalah tombol ENTER, tombol ini adalah tombol untuk memasukkan data setelah diketik.

 

9.Processor (CPU)

Prosessor adalah otak sentral dari sebuah komputer. Prosessor adalah yang mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam harddisk. Dalam prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz).

Gambar9.Chip Processor

Contoh sebuah prosessor intel pentium 4 dengan frekuensi clock 2 Ghz mampu mengerjakan 2 milyar perintah dalam satu detik. Dalam menyebut sebuah prosessor biasanya sudah termasuk frekuensi clocknya, contoh : intel pentium4 2.0 GHz.

Merk prosessor yang terkenal adalah INTEL dan AMD. INTEL adalah pabrik prosessor besar yang berasal dari California USA. INTEL semakin populer setelah memproduksi prosessor INTEL PENTIUM. Selain INTEL kini ada AMD yang konon lebih bagus dalam mode grafis jadi cocok untuk para Gamer.

10.Harddisk (HDD)

Harddisk adalah media penyimpanan data permanen, jadi data tidak hilang meskipun listrik sudah dimatikan. Harddisk berisi sebuah cakram magnetik yang mampu menyimpan data. Ukuran harddisk dinyatakan dalam Byte (B), contoh: 160GB (160 milyar byte). Harddisk ditemukan  pertama kali oleh Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama berukuran 4.4 MB.

Gambar10.Harddisk

Sekarang dikenal dua macam harddisk yaitu ATA dan SATA (Serial ATA). Harddisk ATA mempunyai koneksi 40 pin dan Harddisk SATA hanya mempunyai koneksi 6 pin. Harddisk SATA lebih cepat dari Harddisk ATA, namun jika motherboardnya tidak mendukung koneksi SATA maka kita tidak bisa menggunakan harddisk SATA. Sekarang ukuran Harddisk sudah sangat besar, seperti 500GB, 750GB, dan 1000GB (1 TB – Terra Byte).

Merk Harddisk yang terkenal adalah Seagate, West Digital, Maxtor, Samsung, dll. Harga hardisk tergantung dari kapasitas penyimpanan data sebuah harddisk, makin besar semakin mahal.

11.Optical drive (CD / DVD)

Optical Drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD / CD. DVD/ CD berupa kepingan cakram optik yang berisi data.

Gambar11.DVD RW

Ada dua jenis DVD atau CD :

  • DVD atau CD ROM (Read Only Memory) yaitu hanya bisa membaca isi dari disk DVD / CD
  • DVD atau CD RAM (Random Access Memory) yaitu bisa membaca ran menulis. DVD atau CD RAM lebih dikenal dengan istilah DVD-RW atau CD-RW (RW = Read Write)

Contoh Merk DVD / CD ROM atau RAM adalah LG, Samsung, Sony, Pioneer, dll.

12.FLOPPY DISK

Floppy disk adalah media pembaca untuk disket.Ssaat ini mungkin disket sudah tidak populer. Namun diakui atau tidak disket turut memajukan dunia komputer selama beberapa dekade.

Gambar12.Floppy Drive

Disket adalah media penyimpan data portabel yang bisa dibawa-bawa. Disket terbuat dari sebuah cakram dari plastik magnetik. Ukuran disket sudah distandarkan, contoh : 1.2M, 1.44M

Dalam struktur drive pada microsoft windows, disket selalu menempati drive terhormat yaitu drive A.

13.MEMORI

Memori adalah istilah generik bagi tempat penyimpanan data dalam komputer

Ø Jenis jenis memori:

® SDRAM

SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) – Type RAM yg dibuat pada tahun 1996. SDRAM merupakan RAM yg sangat legendaris, dan mampu bertahan lama dalam perkembangan system komputer. Sesuai dengan namanya SDRAM mempunyai term Synchronous Dynamic, yaitu kemampuan RAM untuk menyamai clock dengan clock processor. Jika clock RAM dan processor sama, maka system komputer akan berjalan seimbang karena aliran data diantara keduanya berjalan lancar. Karakteristik teknis SDRAM memiliki 168-pin, 3.3V & FSB 100/133 MHz. Saat ini SDRAM sudah tidak dipakai lagi oleh platform komputer, terakhir digunakan pada Pentium 4 versi generasi pertama. Tipe-tipe SDRAM : SDRAM 32, 64, 128, 256, 512MB PC100/133.

Gambar13.memori

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 1, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: